2008/04/01

????????

Pernakah kita bertanya tentang diri kita sendiri, siapa sebenarnya kita ini…? Kalau belum pernah dan tak akan pernah maka itu suatu pendirian yang bagus, brilian, karena kita berarti orang yang tidak mau tahu tentang segala sesuatu karena tentang diri kita sendiri saja kita tidak ingin tahu apa lagi tentang yang lain yang ada di luar diri kita sendiri….!

Sebaliknya jika kita ingin tahu maka kita ini orang yang paling bodoh yang pernah hidup dimuka bumi ini, karena jawaban yang hakiki atas pertanyaan itu tidak mungkin kita temui, namun demikian kita telah berani mengambil keputusan untuk berani menanyakan keberadaan kita di kehidupan ini.

Banyak orang yang tidak berani menetapkan segala sesuatu, bahkan jalan hidupnya pun orang selalu ragu menentukan jalan yang ingin mereka tempuh, misalnya saja orang akan cenderung memilih jalan yang sudah banyak dijalani orang lain, yaitu jalan yang hitam dan jaln yang putih atau ada orang yang memilih jalan yang abu-abu. Hal itu sah-sah saja karena itu merupakan pilihan mereka sendiri, namun banyak dari kita yang tidak sadar atau kurang sadar mengapa kita memilih jalan tersebut, dan banyak dari kita yang selalu mencap orang berdasarkan ketiga jalan itu seolah tidak ada jalan diluar dari yang tiga itu, jika ada pun orang yang memilihnya akan dicap “aneh” atau “gila”

Kalau ada orang yang bertanya pada saya, jalan mana yang saya pilih, maka saya akan menjawab bukn jalan yang kebanyakan orang pilih, bukan hitam, bukan putih dan bukan abu-abu, dan untuk warna yang terakhir ini saya kurang suka karena menggambarkan orang yang plin-plan tidak punya pendirian dan kesannya cari selamat, tidak mau rugi dan maunya untung terus, tidak mau berusaha keras tapi menginginkan hasil yang banyak, mana mungkin hal ini bisa terjadi kalau tidak dengan merugikan orang lain, dengan menindas orang lain.

Atas pertanyaan diatas saya akan menjawab saya mempunyai warna lain yang tidak dipilih dan dilirik orang lain, saya mempunyai warna saya sendiri, dan saya mempercayai warna saya itu indah dan baik, dan saya berusaha untuk mempertahankannya dan kalau bisa warna saya itu menjadi pilihan alternatif dari orang lain. Saya adalah orang yang memiliki kebebasan untuk memilih dan memutuskan apa yang baik untuk saya.

Saya tidak akan pernah menyalahkan orang yang memilih jalan yang telah ada sejak dulu dan jalan yang sudah diakui keberadaannya sejak dahulu, hanya himbauan saya cobalah dalam memilih hendaknya kita mengetahui apa yang terkandung dalam jalan tersebut, mengapa sampai jalan itu ada, dan apakah dengan jalan itu kita bisa mencapai apa yang kit cita-citakan atau setidaknya tujuan hidup kita….(itu pun kalau masih terpikir oleh kita mau apa kita dalam hidup ini …?).

Janganlah kita memilih segala sesuatu itu tanpa kita memiliki pengetahuan tentang sesuatu itu, ketahui dahulu, barulah kita memilih dan menyakininya, jangan terlalu buta akan sesuatu yang belum jelas oleh kita. Sama halnya adengan orang buta yang mati-matian mengatakan bahwa yang dipegangnya itu gajah padahal yang dipegangnya itu macan.

Pilh lah jalan sesuai dengan hati nurani kita dan tetapkan pada hati kita bahwa yang kita pilih ini adalah yang terbaik bagi kita, bukan bagi orang lain dan atau menurut orang lain. Sekali lagi ini hanyalah sekedar ucapan orang yang bingung yang sedang mencari jati dirinya, sehingga harap dimaklumkan jika dalam komentar diatas banyak yang membingungkan pembaca, wacana ini boleh dibilang omong kosong, pepesan kosong, boleh dibilang ajakan, seruan ataupun himbauan, atau boleh dibilang ancaman, cercaan dan makian terserah, saya pun tidak pernah memberi kan wacana ini judul………..

Tidak ada komentar: